Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Manfaat Reboisasi

Selamat siang kawan semua, semoga kabar kalian selalu segar bugar dan tetap santai menjalani aktivitas di siang yang cerah ini. Ya, kali ini saya akan berbagi artikel mengenai reboisasi. Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan reboisasi dan apa saja sih manfaatnya? baik kita mulai saja ya.


Reboisasi adalah penanaman hutan kembali di lahan yang gundul. Reboisasi juga bisa dikatakan pemulihan lahan yang kosong atau gundul.Hutan yang gundul rata rata disebabkan oleh pembakaran hutan dan juga karena ulah manusia yang menebang pohon secara berlebihan tanpa memikirkan dampak yang terjadi di kemudian hari.Jika hutan gundul maka akan berakibat fatal, seperti tanah longsor dan bisa terjadi banjir.Selain itu akibat tidak adanya pohon atau tanaman akan mengakibatkan naiknya suhu bumi atau yang di sebut Global Warming, namun jika ada tanaman maka suhu udara akan menjadi sejuk karena hutan adalah paru paru dunia.Jadi jika tidak semua hutan di tebang maka hutan akan gundul dan kemungkinan besar semua makhluk di bumi akan amati karena suhu udara yang panas.Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa di dapat jika kita melakukan reboisasi, diantaranya sebagai berikut:
1.Dapat mencegah banjir
2. Mencegah global warming atau pemanasan global
3.Dapat mencegah longsor
4.Penangkapan dan penyimpanan CO 2 untuk mengurangi efek rumah kaca (penyerapan CO 2)
5.Pelestraian kesuburan lahan pertanian sekitarnya.
Pasti kita menginginkan tanah Indonesia kita ini terlihat indah oleh pepohonan yang hijau.Oleh karena itu sangatlah penting bagi kita untuk senantiasa menjaga hutan supaya hutan tidak gundul dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, reboisasi bisa di lakukan oleh siapapun termasuk anak anak perlu diajarkan tentang pentingnya menjaga kelestarian hutan. Semoga kita dapat mencintai alam dan tetap menjaga kelestariannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Syaroniipa Dua mengatakan...

ayo kita mlakukan reboisasi untuk melestarikan lingkungan kita. semangaaaaaaaaaaatt

Posting Komentar